IMG_9831 IMG_9686 IMG_9697 IMG_9823

IMG_9814 IMG_9809 IMG_9810

Puncak dari pre-event Fermenstation 2017 kali ini diadakan di gedung TVST dan gedung Labtek XI ITB pada tanggal 23 September 2017. Dari SMA-SMA se-Indonesia, terpilihlah 15 tim terbaik untuk maju ke babak final OPERON National Microbiology Competition ini.

Pada babak final ini, 15 tim peserta OPERON terbaik mengadu kemampuan kreatif mereka tentang “Inovasi Makanan di Indonesia dengan Memanfaatkan Mikroba.” Ide-ide yang disuguhkan oleh murid-murid SMA inipun sangat menarik dan bervariasi, mulai dari ide-ide tentang tempe leunca dan wine kersen sampai beras modifikasi C-Rice. Presentasi para pesertapun dinilai oleh dosen-dosen ITB yaitu Dr. Pingkan Aditiawati, Dr. Dea Indriani Astuti, Dr. Gede Suantika, bapak Intan Taufik M. Si., bapak Yulianto Suharto, Apt, MBA, Msc. dan (bu reni). Tapi tidak hanya membawakan presentasi, para peserta OPERON juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi lab-lab SITH dalam Tourlab Labtek XI dan mencoba praktikum secara langsung dalam Workshop yang diadakan di Lab Instruksional Barat SITH ITB.

Acarapun sampai kepada panghujungnya dengan pengumuman pemenang Operon National Microbiology Competition. Posisi juara III diraih oleh SMA Semesta Semarang dengan judul presentasi “Produksi Tempe Kaya DHA Dari Rhizopus oryzae Transgenik”. Membawakan presentasi dengan judul “Nata de Durio”, SMAN Unggulan M. H. Thamrin berhasil merebut juara II. Pada posisi puncak, juara I diraih oleh tim dari SMA Marsudirini dengan judul presentasi “Pemanfaatan Tepung Talas Termodifikasi Hasil Fermentasi Pada Cookies Sebagai Pangan Fungsional Untuk Menurunkan Resiko Diabetes dan Obesitas”.

Selamat kepada para pemenang dan finalis! Semoga kegiatan OPERON National Microbiology Competition ini dapat menginspirasi kita untuk terus berkarya! Sampai jumpa di acara puncak FERMENSTATION : Festival of Science and Fermentation 2017!

FOLLOW US!
Line@: @archaeaitb
Website: archaea.sith.itb.ac.id
Instagram: @archaea_itb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *