#KilasBalik Fermenstation 2017 #TropicalVibes

[#KILAS BALIK Fermenstation 2017 #TropicalVibes]

FERMENSTATION merupakan acara yang diselenggarakan HIMAMIKRO “Archaea” ITB yang bertujuan untuk mengenalkan ilmu mikrobiologi ke masyarakat umum. Rangkaian acara Fermentation terdiri dari Operon (Lomba Mikrobiologi), Seminar dan Talkshow, dan Main Event berupa pameran makanan fermentasi.

Main event Fermenstation 2017 berupa pameran dan booth makanan fermentasi. Pameran diadakan di kampus ITB pada tanggal 28 Oktober 2017. Acara dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan sambutan oleh Pak Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha sebagai Dekanat SITH, dilanjutkan dengan pembukaan dari ketua pelaksana Fermenstation 2017, Ika Nur Fariha. Di acara tersebut terdapat stand makanan hasil fermentasi, minilab, lomba makan, dan tutorial pembuatan makanan hasil fermentasi.

Di acara tersebut terdapat stand-stand makanan fermentasi. Makanan yang dipamerkan terdiri dari kombucha, vecassa, tempe, yogurt, cider, tape, dan kimchi. Selain memamerkan, makanan hasil fermentasi juga dijual ke pengunjung, sehingga pengunjung dapat membeli dan mencicipi makanan fermentasi yang unik dan mungkin hanya dapat ditemukan di acara Fermenstation 2017, misalnya yogurt jagung.

Selain stand makanan fermentasi, terdapat pula minilab dan pameran karya mahasiswa Mikrobiologi ITB. Di Minilab inilah, pengunjung dapat melakukan pengamatan morfologi mikroba menggunakan mikroskop. Selain itu, dipamerkan pula proses kultivasi mikroalga, contoh kultur bakteri dan fungi dalam cawan petri, baglog jamur, dan sebagainya.

Fermenstation 2017 juga mengadakan lomba makan yang diikuti oleh massa Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di ITB. Lomba makan ini dimenangkan oleh salah satu massa Himpunan Mahasiswa Mesin di peringkat pertama, massa Himpunan Mahasiswa Mikrobiologi sendiri di peringkat kedua, dan massa Himpunanan Teknik Material di peringkat ketiga.

Acara pada hari itu ditutup dengan penampilan dari Band Extreme Thermophile dan Apres ITB pada malam hari. Ada pula para dosen dari kelompok keahlian Bioteknologi Mikroba yaitu bapak Gede Suantika, ibu Pingkan Aditiawati, dan ibu Dea Indriani Astuti yang bernyanyi bersama di atas panggung, serta live music lainnya. Acara Fermenstation 2017 ini selesai pada pukul 20.00 WIB dengan meriah dan diakhiri dengan foto bersama para panitia[SH].

Berikut ini merupakan beberapa hasil dokumentasi dari acara Fermenstation 2017, yuk dilihat!

Foto Fermen 1 - Kimchi Foto Fermen 2 - Vecasa Foto Fermen 3 - Tape Ketan Foto Fermen 5 - Pengunjung Foto Fermen 6 - Panitia Foto Fermen 4 - Dinding Fermentasi Foto Fermen 7 - Panitia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *