Quorum Sensing Event – “Tiny Creature Underneath : Living Cement for Soil Reinforcement”

 

Pada tanggal 18 September 2017 HIMAMIKRO “Archaea” ITB mengadakan kajian kolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) ITB dalam acara Quorum Sensing dengan topik “Tiny Creature Underneath : Living Cement for Soil Reinforcement”.

Topik ini membahas mengenai manfaat mikroba dalam menstabilkan tanah. Tanah perlu distabilkan untuk memperkuat kemampuan tanah dalam menopang struktur diatasnya.

Microbial-induced calcite precipitation (MICP) adalah tenik stabilisasi tanah dengan menggunakan bakteri yang dapat menginduksi pembentukan kalsit dalam material tanah. MICP merupakan metode alternatif dalam teknik stabilisasi tanah yang ramah lingkungan. Kalsit yang dihasilkan berfungsi untuk pengikatan partikel antar tanah yang mengakibatkan resistensi partikel tanah.

Metode MICP memiliki kekurangan , yaitu sulit homogenisasi dan mengontrol pertumbuhan optimal bakteri di lapangan. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan dan penelitian mengenai homogenisasi, efektivitas MICP jika diaplikasikan ke tanah dengan karakterisitik berbeda, dan perbaikan metode MICP sebelum di aplikasi dalam skala besar.

Diharapkan MICP yang bersifat sustainable, dapat menjadi solusi alternatif dalam teknik penstabilan tanah selain menggunakan metode kompaksi pada Teknik Sipil.

#QuorumsensingArchaeaxHMS
#KaKelArchaea
#ArchaeaElegan

 

Poster Quorum Sensing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *